Rabu, 15 Juni 2011

dampak perubahan iklim

Dampak perubahan iklim

Pernahkah anda rasakan kalau di siang hari panasnya seperti di gurun pasir, tetapi kalau malam hari dinginya seperti di pegunungan yang sangat dingin. Dan yang baru baru ini kalau banyak petani cabai yang mengeluh gagal panen, atau sering terjadinya bencana alam yang beruntun seperti banjir, longsor, angin puting beliung dan masih banyak lagi.
itu semua tidak lepas dari akibat perubahan iklim yagng terjadi di bumi kita ini.
Bahkan di daerah saya saja sudah merasakan dampak perubahan iklim tersebut,
misalnya udara sangat panas di siang hari, dan sangat dingin di malam hari tidak seperti keadaan yang dulu, biasanya suhu di siang hari dan malam hari terasa normal normal saja.
tidak hanya itu dampak perubahan iklim yang saya rasakan di lingkungan sekitar saya, yang baru baru ini yaitu meluapnya sungai di daerah saya hingga menggenangi rumah warga di sekitar
sungai tersebut, padahal biasanya tidak sampai separah ini. biasanya kalau banjir tidak sampai menggenangi rumah warga di sekitarnya.
dan yang lagi populer di bicarakan saat ini adalah masalah harga cabai yang melambung tinggi akibat susah untuk memperoleh pasokan cabai.
petani cabai di sekitar saya mengeluh karena cuaca yang tidak menentu akibat perubahan iklim yang sangat ekstrim. dengan adanya cuaca dan suhu yang sangat ekstrim, karena perubahan iklim menimbulkan
dampak pola tanam cabai menjadi kacau, cabai dengan curah hujan yang terlalu banyak mengakibatkan cabai pada membusuk sehingga mengakibatkan gagal panen.
tidak hanya berdampak pada tanaman cabai, tapi juga berdampak pada tanaman padi yang terserang banyak hama penyakit dan membusuknya tananman petani akibat perubahan cuaca yang sangat ekstrim, saya bisa merasakan ini karena di sekitar saya mayoritas profesi penduduk adalah petani padi dan sayur sayuran, mereka mengeluh dan takut jika terjadi gagal panen.
dalam dunia internasional kita sudah mengetahui kalau semakin hari es yang beada di kutub utara dan selatan sudah mencair sedikit demi sedikit, dan akhir akhir ini mengakibatkan bencana banjir di Queensland, Australia. dan itu merupakan banjir terparah yang pernah terjadi di australia. banjir tersebut kemungkinan terjadi karena meningkatnya curah hujan yang tinggi dan naiknya permukaan laut akibat mencairnya es di kutub selatang yang dekat dengan benua australia. dan semua itu tidak lepas dari dampak perubahan iklim dari global wariming. kalau hal ini di anggap remeh dan tidak segera mencari solusi yang tepat, tidak mustahil kalau pulau pulau kecil di indonesia dan di negara lain akan tenggelam akibat naiknya permukaan laut. dan juga sering di sebut sebutkan di media masa bahwa ibu kota indonesia yaitu jakarta akan tenggelam pada tahun 2035 akibat naiknya permukaan laut.
Dari segi kelautan perubahan iklim juga berdampak besar teradap mata pencarian nelayan, perubahan iklim mengakibatkan pemuaian air laut dan naiknya permukaan laut, hal ini sangat berpengaruh dan mengancam kehidupan masyarakat pesisir yang bermata pencarian sebagai nelayan pencari ikan.
Dari segi kesehatan perubahan iklim juga cenderung mengakibatkan dampak yang sangat perpengaruh timbulnya penyakit penyakit baru dan mewabahnya penyakit penyakit yang berbahaya. misalnya timbulnya penyakit baru yaitu flu babi, flu burung, dan lain lain. dulunya penyakiit ini tidak begitu mewabah, akan tetapi sekarang ini penyakit ini membunuh jutaan manusia. dan juga timbulnya penyakit penyakit yang di akibatkan cuaca yang tidak menetu seperti malaria, demam berdarah, cikungunya, diare dan lain lain. dan yang paling parah adalah polusi udara akibat meningkatnya kadar gas CO2 dan gas metan yang mengakibatkan efek rumah kaca dan merusak kesehatan paru paru.
Maka dari itu kita sebagai pelaku utama dalam terjadinya fenomena perubahan iklim akibat global warming ini harus mempunyai kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita demi kelangsungan hidup sekarang dan masa depan untuk anak cucu kita. saya selalu teringat dengan slogan “Resolve global warming, do something” . Lakukanlah hal sekecil apapun untuk mencegah parahnya global wariming.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar